404

Error 404 (Halaman Tidak Ditemukan) Secara umum, error 404 tidak akan berdampak pada performa penelusuran situs, dan Anda aman untuk mengabaikannya jika yakin bahwa URL seharusnya tidak ada di situs Anda. 

Penting untuk memastikan bahwa URL ini dan yang tidak valid lainnya menampilkan kode respons HTTP 404 yang benar, dan URL tersebut tidak diblokir oleh file robots.txt situs.

Berikut Cara Menangani Error 404 :

Tentukan apakah error benar-benar perlu diperbaiki. Banyak (mungkin sebagian besar) Error 404 tidak perlu diperbaiki karena 404 tidak membahayakan pengindeksan atau peringkat situs Anda.

Jika itu adalah URL yang dikirimkan (error), sebaiknya diperbaiki.

Jika merupakan halaman yang dihapus dan tidak memiliki pengganti atau halaman yang setara, menampilkan 404 adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Laporan akan berhenti menampilkan 404 setelah sekitar satu bulan.

Anda tidak perlu khawatir jika error 404 merupakan URL buruk yang dihasilkan oleh skrip, atau URL tidak pernah ada di situs Anda. Hal ini mungkin mengganggu Anda saat melihatnya di laporan, tetapi Anda tidak perlu memperbaikinya, kecuali jika pada URL terdapat kesalahan ejaan umum (lihat di bawah). Error 404 harus dihapus dari laporan setelah sekitar satu bulan.

Jika URL sudah dikirim untuk pengindeksan, (dengan status Error),

Periksa URL untuk melihat tempat asal URL dikirimkan dengan mengklik ikon kirim di samping URL Telusuri dan lihat informasi Discovery. 

Perbarui peta situs seperlunya, Jika konten dipindahkan, tambahkan pengalihan.

Jika Anda telah menghapus konten secara permanen dan tidak ingin menggantinya dengan konten terkait yang lebih baru, biarkan URL lama menampilkan error 404 atau 410. 

Saat ini, Google memperlakukan 410 (Hilang) sama seperti 404 (Tidak ditemukan). Memunculkan kode selain 404 atau 410 untuk halaman yang tidak ada (atau mengalihkan pengguna ke halaman lain, seperti beranda, dan tidak memunculkan 404) dapat menjadi masalah. Halaman tersebut dikenal sebagai 404 ringan, dan dapat membingungkan pengguna serta mesin telusur google.

Jika URL tidak diketahui: Terkadang, Anda mungkin melihat error 404 untuk URL yang tidak pernah ada di situs Anda. Error ini dapat terjadi saat seseorang menjelajahi URL yang tidak ada di situs Anda, seseorang mungkin salah mengetikkan URL di browser, atau seseorang salah mengetikkan URL link. Jika ini error yang sangat umum, Anda dapat membuat pengalihan untuk error tersebut.

Alasan lain terkait URL yang tidak terduga mungkin disebabkan oleh Googlebot yang mencoba mengikuti link dari JavaScript, file Flash, atau konten tersemat lainnya, atau yang mungkin hanya ada di peta situs. Misalnya, situs Anda dapat menggunakan kode seperti ini untuk melacak file download di Google Analytics:

<a href="helloworld.pdf"

 onClick="_gaq.push(['_trackPageview','/download-helloworld']);">

  Hello World PDF </a>

Saat melihat kode ini, Googlebot mungkin mencoba meng-crawl URL http://www.example.com/download-helloworld meskipun URL tersebut bukan halaman yang benar-benar ada. Dalam hal ini, link dapat muncul sebagai error 404 (Tidak Ditemukan) dalam laporan Error Crawl. Google terus berusaha mencegah jenis kesalahan perayapan ini. Error ini tidak memengaruhi crawling atau penentuan peringkat situs Anda.

Jangan membuat konten palsu, mengalihkan ke halaman beranda, atau menggunakan robots.txt untuk memblokir 404; semua itu akan menyulitkan kami mengenali struktur situs Anda dan memprosesnya dengan benar. 

Kami menyebutnya error 404 ringan.(Setelah berhasil meng-crawl URL, Google dapat meng-crawl URL tersebut untuk seterusnya. Menggunakan pengalihan 300 level akan menunda upaya crawling ulang, mungkin untuk waktu yang sangat lama.) Mengirimkan permintaan penghapusan URL menggunakan alat penghapusan URL tidak akan menghapus error dari laporan ini.